PERBEDAAN ANTARA LATIHAN PASSING ATAS BERPASANGAN LANGSUNG DAN LATIHAN PASSING ATAS BERPASANGAN PANTULAN TERHADAP PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII PUTRA SMP MUHAMMADIYAH TERPADU KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sutanto, Sutanto, Tono, Sugihartono, Ari, Sutisyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16967/1/SKRIPSI%20SUTANTO.pdf http://repository.unib.ac.id/16967/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan AntaraLatihan Passing Atas Berpasangan Langsung Dan Latihan Passing Atas Berpasangan Pantulan Terhadap Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII Putra SMP MuhammadiyahTerpadu Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 118 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan dengan dua variabel. Kemampuan passing atas berpasangan langsung kemudian dihitung berapa banyak passing yang diperoleh oleh siswa secara individual.Sedangkan passing atas berpasangan pantulan diukur melalui tes passing selama 60 detik, kemudiandihitung seberapa banyak siswa memasukkan bola ke tembok yang telah disediakan dan diberi tanda. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa siswa kelas VIII smp Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu memiliki tingkat kemampuan passing atas yang rendah,baik passing atas berpasangan langsung maupun passing atas berpasangan pantulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil latihan passing atas berpasangan langsung antara sebelum dan sesudah diberikan pengarahan oleh guru yang awalnya hanya rata-rata 26,16 % menjadi 29,67%. Artinya terdapat peningkatan sebesar 3,51%.(2) terdapat perbedaan hasil latihan passing atas berpasangan pantulan antara sebelum dan sesudah diberikan pengarahan oleh guru yang awalnya hanya rata-rata 24,53 % menjadi 27,4%. Artinya terdapat peningkatan sebesar 2,87 %. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan passing atas berpasangan langsung dengan latihan passing atas berpasangan pantulan pada siswa SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu dengan nilai tingkat perbedaan sebesar 84%. Kata Kunci: Passing Atas Berpasangan Langsung dan Pantulan