PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 KETAHUN KECAMATAN KETAHUN TAHUN 2015

Main Authors: Fikri, Mesdam, Syafrial, Syafrial, Bayu, Insanistyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16935/1/SKRIPSI%20MESDAM%20FIKRI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16935/
Daftar Isi:
  • Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dilapangan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar pengamatan, lembar tes praktik, dan RPP.Pelaksanaan perbaikan aktifitas pembelajaran guru berjalan cukup baik dengan nilai aktivitas guru 2,42 (dalam skala 1-5) pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II menjadi 4,28. Sedangkan pada siklus II nilai aktifitas guru meningkat prestasi belajarnya dari putaran I adalah 3,57 dan putaran II adalah 4,71. Hasil tes pembelajaran rata-rata nilai yang didapat pada pelaksanaan evaluasi perbaikan pembelajaran siswa pada siklus I adalah 72 dengan jumlah siswa yang belum tuntas 5 orang sedangkan yang tuntas adalah 16 siswa dari 21 siswa.Sedangkan pada rata-rata nilai yang didapat pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran di siklus 11 adalah 75 dan 20 siswa telah mencapai ketuntasan dan 1siswa tidak tuntas.Kata Kunci : Pembelajaran, Penjas, Atletik, LompatJauh.