PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU BENGKULU UTARA

Main Authors: Satriati, Esti Dewi, Sugiyanto, Sugiyanto, Wembrayarli, Wembrayarli
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16920/1/SKRIPSI%20ESTI%20DEWI%20SATRIATI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16920/
ctrlnum 16920
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/16920/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU &#xD; BENGKULU UTARA</title><creator>Satriati, Esti Dewi</creator><creator>Sugiyanto, Sugiyanto</creator><creator>Wembrayarli, Wembrayarli</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara&#xD; meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini melalui pendekatan bermain. Subyek pada penelitian ini adalah 24 siswa V SD Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan&#xD; Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan perbaikan pembelajaran yang dilakukan pada 2 siklus dari hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru di sekolah. Analisis data yang&#xD; digunakan menggunakan test praktek servis bawah siswa dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal. Sedangkan untuk peningkatan aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran dikelas menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu ratarata hasil belajar siswa sebesar 6,33 dan dengan hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5% dan hasil observasi kemampuan guru mengajar juga belum menampakkan hasil yang memuaskan dan masih dalam kriteria sedang. Dari hasil penelitian pada siklus 2 ini didapatkan hasil pembelajaran,siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (87,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (12,5%).Secara klasikal, ketuntasan belajar pada siklus ini mencapai 87,5% dari hasil ini dapat dilihat bahwa hasil pembelajaran siklus 2 sudah mencapai indikator yang di inginkan. Selain itu aktivitas guru dalam&#xD; mengajar juga mengalami kemajuan yang signifikan dan mencapai kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan servis bawah siswa melalui pendekatan bermain pada permainan bolavoli di kelas V SD&#xD; Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara dapat meningkat.&#xD; Kata Kunci : Servis Bawah,Pendekatan Bermain dan Bola Voli Mini</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/16920/1/SKRIPSI%20ESTI%20DEWI%20SATRIATI.pdf</identifier><identifier> Satriati, Esti Dewi and Sugiyanto, Sugiyanto and Wembrayarli, Wembrayarli (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>16920</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Satriati, Esti Dewi
Sugiyanto, Sugiyanto
Wembrayarli, Wembrayarli
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU BENGKULU UTARA
publishDate 2016
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/16920/1/SKRIPSI%20ESTI%20DEWI%20SATRIATI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16920/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini melalui pendekatan bermain. Subyek pada penelitian ini adalah 24 siswa V SD Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan perbaikan pembelajaran yang dilakukan pada 2 siklus dari hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru di sekolah. Analisis data yang digunakan menggunakan test praktek servis bawah siswa dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal. Sedangkan untuk peningkatan aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran dikelas menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu ratarata hasil belajar siswa sebesar 6,33 dan dengan hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5% dan hasil observasi kemampuan guru mengajar juga belum menampakkan hasil yang memuaskan dan masih dalam kriteria sedang. Dari hasil penelitian pada siklus 2 ini didapatkan hasil pembelajaran,siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (87,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (12,5%).Secara klasikal, ketuntasan belajar pada siklus ini mencapai 87,5% dari hasil ini dapat dilihat bahwa hasil pembelajaran siklus 2 sudah mencapai indikator yang di inginkan. Selain itu aktivitas guru dalam mengajar juga mengalami kemajuan yang signifikan dan mencapai kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan servis bawah siswa melalui pendekatan bermain pada permainan bolavoli di kelas V SD Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara dapat meningkat. Kata Kunci : Servis Bawah,Pendekatan Bermain dan Bola Voli Mini
id IOS6175.16920
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:09:11Z
last_indexed 2018-09-17T09:09:11Z
recordtype dc
_version_ 1685973105573363712
score 17.538404