PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU BENGKULU UTARA
Main Authors: | Satriati, Esti Dewi, Sugiyanto, Sugiyanto, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16920/1/SKRIPSI%20ESTI%20DEWI%20SATRIATI.pdf http://repository.unib.ac.id/16920/ |
ctrlnum |
16920 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/16920/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU 
BENGKULU UTARA</title><creator>Satriati, Esti Dewi</creator><creator>Sugiyanto, Sugiyanto</creator><creator>Wembrayarli, Wembrayarli</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara
meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini melalui pendekatan bermain. Subyek pada penelitian ini adalah 24 siswa V SD Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan perbaikan pembelajaran yang dilakukan pada 2 siklus dari hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru di sekolah. Analisis data yang
digunakan menggunakan test praktek servis bawah siswa dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal. Sedangkan untuk peningkatan aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran dikelas menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu ratarata hasil belajar siswa sebesar 6,33 dan dengan hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5% dan hasil observasi kemampuan guru mengajar juga belum menampakkan hasil yang memuaskan dan masih dalam kriteria sedang. Dari hasil penelitian pada siklus 2 ini didapatkan hasil pembelajaran,siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (87,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (12,5%).Secara klasikal, ketuntasan belajar pada siklus ini mencapai 87,5% dari hasil ini dapat dilihat bahwa hasil pembelajaran siklus 2 sudah mencapai indikator yang di inginkan. Selain itu aktivitas guru dalam
mengajar juga mengalami kemajuan yang signifikan dan mencapai kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan servis bawah siswa melalui pendekatan bermain pada permainan bolavoli di kelas V SD
Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara dapat meningkat.
Kata Kunci : Servis Bawah,Pendekatan Bermain dan Bola Voli Mini</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/16920/1/SKRIPSI%20ESTI%20DEWI%20SATRIATI.pdf</identifier><identifier> Satriati, Esti Dewi and Sugiyanto, Sugiyanto and Wembrayarli, Wembrayarli (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>16920</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Document:Archive Document |
author |
Satriati, Esti Dewi Sugiyanto, Sugiyanto Wembrayarli, Wembrayarli |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 PUTRI HIJAU
BENGKULU UTARA |
publishDate |
2016 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repository.unib.ac.id/16920/1/SKRIPSI%20ESTI%20DEWI%20SATRIATI.pdf http://repository.unib.ac.id/16920/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara
meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli mini melalui pendekatan bermain. Subyek pada penelitian ini adalah 24 siswa V SD Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan perbaikan pembelajaran yang dilakukan pada 2 siklus dari hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru di sekolah. Analisis data yang
digunakan menggunakan test praktek servis bawah siswa dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal. Sedangkan untuk peningkatan aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran dikelas menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu ratarata hasil belajar siswa sebesar 6,33 dan dengan hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5% dan hasil observasi kemampuan guru mengajar juga belum menampakkan hasil yang memuaskan dan masih dalam kriteria sedang. Dari hasil penelitian pada siklus 2 ini didapatkan hasil pembelajaran,siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (87,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa (12,5%).Secara klasikal, ketuntasan belajar pada siklus ini mencapai 87,5% dari hasil ini dapat dilihat bahwa hasil pembelajaran siklus 2 sudah mencapai indikator yang di inginkan. Selain itu aktivitas guru dalam
mengajar juga mengalami kemajuan yang signifikan dan mencapai kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan servis bawah siswa melalui pendekatan bermain pada permainan bolavoli di kelas V SD
Negeri 10 Putri Hijau Bengkulu Utara dapat meningkat.
Kata Kunci : Servis Bawah,Pendekatan Bermain dan Bola Voli Mini |
id |
IOS6175.16920 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:09:11Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:09:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685973105573363712 |
score |
17.538404 |