UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MELALUI MODIFIKASI PENYAJIAN MATERI PADA SISWA KELAS VII1 SMPN KERKAP KABUPATEN BENGKULU UTARA TAHUN 2015
Main Authors: | Dzikrullah, Muhammad, Sugiyanto, Sugiyanto, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16914/1/SKRIPSI%20DEDI%20PIRYANTO.pdf http://repository.unib.ac.id/16914/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui modifikasi penyajian materi dapat meningkatkan pembelajaran passing bawah dalam permainan bolavoli serta apa saja yang mempengaruhi perubahan peningkatan dalam pembelajaran passing bawah pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kerkap Ada pun subjek penelitian ini adalah kelas VIII I yang berjumlah 32 siswa dari 13 siswa putri dan 19 siswa putra. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tes passing bawah kediding dan lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalm 2 siklus dan tes evaluasi siswa dilakukan di tiap- tiap akhir siklus. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan passing bawah pada pra-siklus 18 siswa dengan persentase 56,25%, siklus 2 menjadi 21 siswa dengan persentase 65,62% dan pada siklus 2 menajadi 25 siswa dengan persentase 78,12%, maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan modifikasi penyajian materi sangat efektif dalam meningkatkan pembelajaran passing bawah dalam materi bolavoli serta mampu menumbuhkan kegembiraan dan percaya diri pada siswa serta memotivasi siswa dalam proses pembelajar. Kata Kunci: Passing bawah, Modifikasi Penyajian Materi Bolavoli.