UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK START JONGKOK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Lisdianto, Dadi, Sugiyanto, Sugiyanto, Syafrial, Syafrial
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16913/1/SKRIPSI%20DADI%20LISDIANTO.pdf
http://repository.unib.ac.id/16913/
ctrlnum 16913
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/16913/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK START&#xD; JONGKOK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60 BENGKULU SELATAN</title><creator>Lisdianto, Dadi</creator><creator>Sugiyanto, Sugiyanto</creator><creator>Syafrial, Syafrial</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan teknik start jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan PTK kolaboratif artinya peneliti atau guru bersama-sama&#xD; melakukan pembelajaran guna memperbaiki mutu atau hasil belajar. Disini peneliti tidak hanya sebagai pengamat tetapi terlibat langsung dalam proses situasi dan kondisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas V&#xD; SD Negeri 50 Bengkulu Selatan, yaitu sebanyak 18 orang siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi start jongkok, lembar observasi&#xD; guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan teknik start jongkok siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah skor observasi start jongkok yang dapat dilakukan siswa. Pada siklus 1 siswa yang melakukan start jongkok termasuk kategori baik hanya 5,6% atau sebanyak 1 orang dan siswa yang termasuk kategori cukup yaitu 94,4% atau sebanyak 18 orang. pada siklus 2 hasil observasi seluruh siswa yang melakukan start jongkok sudah termasuk kategori baik sekali. &#xD; Kata Kunci : Start jongkok, metode demonstrasi</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Document:Archive</type><language>eng</language><rights>cc_gnu_gpl</rights><identifier>http://repository.unib.ac.id/16913/1/SKRIPSI%20DADI%20LISDIANTO.pdf</identifier><identifier> Lisdianto, Dadi and Sugiyanto, Sugiyanto and Syafrial, Syafrial (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK START JONGKOK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu. </identifier><recordID>16913</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Document:Archive
Document
author Lisdianto, Dadi
Sugiyanto, Sugiyanto
Syafrial, Syafrial
title UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK START JONGKOK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60 BENGKULU SELATAN
publishDate 2016
topic L Education (General)
url http://repository.unib.ac.id/16913/1/SKRIPSI%20DADI%20LISDIANTO.pdf
http://repository.unib.ac.id/16913/
contents Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan teknik start jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan PTK kolaboratif artinya peneliti atau guru bersama-sama melakukan pembelajaran guna memperbaiki mutu atau hasil belajar. Disini peneliti tidak hanya sebagai pengamat tetapi terlibat langsung dalam proses situasi dan kondisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas V SD Negeri 50 Bengkulu Selatan, yaitu sebanyak 18 orang siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi start jongkok, lembar observasi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan teknik start jongkok siswa kelas V SD Negeri 60 Bengkulu Selatan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah skor observasi start jongkok yang dapat dilakukan siswa. Pada siklus 1 siswa yang melakukan start jongkok termasuk kategori baik hanya 5,6% atau sebanyak 1 orang dan siswa yang termasuk kategori cukup yaitu 94,4% atau sebanyak 18 orang. pada siklus 2 hasil observasi seluruh siswa yang melakukan start jongkok sudah termasuk kategori baik sekali. Kata Kunci : Start jongkok, metode demonstrasi
id IOS6175.16913
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:09:11Z
last_indexed 2018-09-17T09:09:11Z
recordtype dc
_version_ 1685973105548197888
score 17.538404