MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SEKATAK PADA SISWA KELAS V SDN 124 KECAMATAN ULU TALO KABUPATEN SELUMA
Main Authors: | Iswadi, Dadang, Arwin, Arwin, Ari, Sutisyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16912/1/SKRIPSI%20DADANG%20ISWADI.pdf http://repository.unib.ac.id/16912/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Pendekatan bermain Sekatak pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 124 Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma untuk mencapai hasil penelitian, yang dilaksanakan dalam pembelajaran Penjasorkes metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas, dengan subjek kelas V berjumlah 13 orang siswa, sebelum peneliti melaksanakan penelitian, peneliti mengadakan tes dan evaluasi terhadap kemampuan lompat jauh dalam Atletik (pra siklus) didapatkan hasil 23.89%,atau 3 siswa dari keseluruhan siswa yang dapat melakukan tes lompat jauh dengan ketuntasan 65%, berdasarkan hasil analisis penelitian siklus ke 1 didapatkan hasil ketuntasan belajar klasikal 61.53%,atau 8 siswa serta pada siklus ke 2 berdasarkan hasil teslompat jauh dihasilkan 76.62%atau 10 siswa tuntas dengan menggunakan latihan lompat tanpa awalan dengan ketuntasan belajar klasikal 65%, sedangkan untuk Aktifitas guru pada siklus 1 dengan prosentase 62.22% pada katagori sedang, sedangkan pada aktifitas siswa pada siklus 1 presentase 48.88% pada katagori Kurang, sedangkan untuk siklus II aktifitas guru meningkat menjadi 93.33%, pada katagori Baik Sekali,sedangkan Aktivitas siswa sebesar 68.88% pada katagori sedang.Kata kunci :pembelajaran Pendidikan Jasmani, Permainan Sekatak.