PENGARUH METODE APPLIED BEHAVIORAL ANALYSIS (ABA) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS

Main Authors: Handayani, Ari, Rasianna, Br Saragih, Yudisiani, Yudisiani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1685/1/SKRIPSI%20ARI%20HANDAYANI-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1685/
Daftar Isi:
  • Berkomunikasi merupakan keharusan bagi manusia. Hal ini disebabkan karena manusia adalah makhluk sosial dan memerlukan hubungan dengan orang lain. Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan menjadi persoalan utama bagi para penyandang autisme. Hambatan berbahasa dan berbicara memiliki andil yang besar pada timbulnya berbagai masalah dalam perilaku. Autisme ditunjukkan oleh perilaku menyendiri sehingga terhambat dalam komunikasi, metode Applied Behavioral Analaysis (ABA) dianggap dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode ABA terhadap peningkatan kemampuan komunikasi anak autis di Yayasan Pendidikan dan Sosial Insan Mandiri Mutiara Bunda Bengkulu. Sampel diambil dengan tehnik total sampling sebanyak 18 orang anak autis. Data dikumpulkan dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf keyakinan 95%, dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ternyata ada pengaruh antara keefektifan metode Applied Behavioral Analaysis (ABA) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi anak autis. Hal ini sekaligus menyatakan bahwa Hipotesis kerja (Hk) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak, dapat dilihat dari Fhitung > F tabel. Dari hasil pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa semakin efektif metode ABA diaplikasikan maka akan semakin meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis.