MENINGKATKAN KEMAMPUAN ROUND OFF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SD NEGERI 82 KOTA BENGKULU

Main Authors: Putra, Oky Suganda, Tono, Sugihartono, Bogy, Restu Ilahi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16792/1/Skripsi%20Oky%20Suganda%20Putra.pdf
http://repository.unib.ac.id/16792/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Round Off dengan menggunakan model pembelajran Problem Based Learning siswa kelas V SD Negeri 82 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 82 Kota Bengkulu berjumlah 37 orang. Latihan yang dilakukan secara sistematis, logis dan teliti terhadap kondisi lingkuang sekolah.Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi dan tes keterampilan. Adapun teknik yang digunakan penulis untuk menguji kesesuain tes dengan kriteria menggunakan hitungan keberhasilan belajar rata-rata kelas. Setelah penelitian selesai dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa dari hasil data pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 menunjukan meningkatnya kemampuan Round Off siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada data pra siklus menunjukkan hanya 5 siswa yang tuntas melakukan Round Off sebesar (13,51%) sedangkan siklus 1 yang tuntas melakukan Round Off sebanyak 23 siswa sebesar (62,16%) dan siklus 2 yang tuntas melakukan Round Off sebanyak 30 siswa sebesar (81,08%) dengan artian secara keseluruhan nilai siswa sudah mencapai KKM dan pencapaian yang diinginkan.