UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GULING DEPAN MELALUMETODE DRILL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 45 BENGKULU SELATAN

Main Authors: Desi, Nayan, Tono, Sugihartono, Yarmani, Yarmani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16784/1/SKRIPSI%20NAYAN%20DESI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16784/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Guling Depan Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas V SD Negeri 45 Bengkulu Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 45 Bengkulu Selatan Ajaran 2015 / 2016, dengan jumlah siswa sebanyak sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 2 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran melalui metode drill pada siswa kelas V SD Negeri 45 Bengkulu Selatan dalam pembelajaran guling depan dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan guling depan. Hal ini ditunjukan dari hasil tes keterampilan siswa dalam melakukan guling depan pada siklus 1 memperoleh rata-rata nilai sebesar 66,66 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,76 %, selanjutnya, meningkat pada siklus 2 dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,62 dan persentase ketuntasan sebesar 85,71 %. Kata kunci: Guling Depan, Metode Drill.