EFEKTIVITAS MODEL BAHAN AJAR MULOKBERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SD

Main Author: Muktadir, Abdul
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16657/1/SEMINAR%20NASIONAL%20PENDIDIKAN%20GURU%20SEKOLAH%20DASAR.pdf
http://repository.unib.ac.id/16657/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk dapat merancang model bahan ajar Mulok berbasis cerita rakyat sebagai pendidikan karakter. Langkah-langkah yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah jenis Research and Development (R&D) dari Borg dan Gall. Data penelitian adalah cerita rakyat, hasil angket dari guru dan siswa, hasil wawancara guru dan siswa, dan hasil observasi. Instrumen pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi. Data dianalisis dengan langkah mengurutkan data, mengelompokkan, dan menafsirkan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahan ajar diinginkan adalah bahan ajar berbasis cetak memuat bacaan cerita rakyat, latihan-latihan, rangkuman dan ilustrasi.