PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MULOK BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER
Main Author: | Muktadir, Abdul |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16651/1/PENGEMBANGAN%20%20MODEL%20%20BAHAN%20AJAR%20%20MULOK%20BERBASIS%20CERITA%20RAKYAT%20%20UNTUK%20PENDIDIKAN%20KARAKTER.pdf http://repository.unib.ac.id/16651/ |
Daftar Isi:
- Pemertahanan budaya sebagai jati diri bangsa diawali dengan pemertahanan bahasa asli (daerah) untuk mencegah kasus kematian bahasa (kematian budaya). Salah satu upaya adalah dengan mengembangkan mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah. Hal penting yang bersifat aplikatif untuk mendukung mapel mulok adalah penyediaan bahan ajar mapel mulok. Ma sa l ah peneli ti an ini , “Bagaimana Mengembangkan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis Cerita Rakyat untuk Pendidikan Karakter Siswa SD di Kota Bengkulu” Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bahan ajar Muatan Lokal (Mulok) yang berbasis cerita rakyat di provinsi Bengkulu. Langkah-langkah yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah jenis Research and Development (R&D) dari Borg dan Gall. Hasil penelitian menginformasikan cerita rakyat diperlukan sebagai sumber bahan ajar. Bahan ajar dilengkapi ilustrasi dan latihan-latihan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Cerita rakyat mengemas karakter baik dan karakter jahat. Karakter tokoh baik lebih dominan umpamanya: religius, pekerja keras, demokratis, toleransi, hormat, peduli, cinta damai, dan bertanggung jawab.