PENERAPAN MODEL ARIAS BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PUISI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SDN 42 KOTA BENGKULU
Main Author: | Muktadir, Abdul |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16640/1/Penerapan%20Model%20ARIAS%20Berbasis%20%20Lingkungan%20dalam%20Pembelajaran%20Puisi%20untuk%20Meningkatkan.pdf http://repository.unib.ac.id/16640/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan kualitas proses & hasil pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan model ARIAS dan menggunakan pendekatan lingkungan. (2) Mengembangkan karakter siswa melalui penerapan model ARIAS dengan menggunakan pendekatan lingkungan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data observasi dianalisis dengan rumus rata-rata skor, hasil belajar dianalisis dengan rumus nilai rata-rata, dan karakter dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penerapan model ARIAS berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran menulis puisi di Kelas VA SDN 42 Kota Bengkulu, yakni: (a) meningkatkan aktivitas guru, dengan perolehan rata-rata skor 29 (kriteria cukup) pada siklus I dan meningkat 32,5 (kriteria baik) pada siklus II, (b) meningkatkan aktivitas siswa, dengan perolehan rata-rata skor 31 (kriteria baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 34,5 (kriteria baik) pada siklus II, 2) Penerapan model ARIAS berbasis lingkungan pada pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa di kelas VA SDN 42 Kota Bengkulu, dengan hasil ketuntasan belajar klasikal siklus I yakni 64,7% dari 34 siswa yang mengikuti tes nilai rata-rata 67,3 meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 79,4%, nilai rata-rata 75,2. Penerapan model ARIAS dengan pendekatan lingkungan pada pembelajaran menulis puisi dapat mengembangkan karakter siswa kelas VA SDN 42 Kota Bengkulu. Ditunjukkan dengan persentase pengembangan nilai-nilai karakter yang ditanamkan, yaitu: (a) sikap peduli lingkungan pada siklus 1 mencapai tingkatan membudaya secara konsisten sebesar 50% dan berkembang menjadi 76,5% dari 34 siswa pada siklus II, (b) sikap disiplin pada siklus 1 yang mencapai tingkatan membudaya secara konsisten sebesar 55,8% dan berkembang menjadi 73,5% dari 34 siswa pada siklus II, (c) sikap kreatif pada siklus 1 yang mencapai tingkatan membudaya secara konsisten sebesar 58,8% dan berkembang menjadi 79,4% dari 34 siswa pada siklus II.