STUDI BIOFISIK TERHADAP CALON HABITAT Manouria emys DI AREA KONSERVASI KURA-KURA UNIVERSITAS BENGKULU DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TENTANG PARADIGMA SISWA SMA MENGENAI PELESTARIAN LINGKUNGAN
Main Authors: | TRISNAWATI, WIWIT, Wiryono, Wiryono, Bhakti, Karyadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16566/1/TESIS%20WIWIT%20TRISNAWATI.pdf http://repository.unib.ac.id/16566/ |
Daftar Isi:
- 1) Tumbuhan yang ditemukan di area konservasi kura-kura M.emys Universitas Bengkulu bahwa pada tumbuhan tingkat pohon terdapat 11 jenis yang termasuk ke dalam 7 famili dan 6 ordo. Tumbuhan tingkat perdu terdapat 12 jenis termasuk ke dalam 8 famili dan 7 ordo sedangkan pada tumbuhan tingkat herba terdapat 11 jenis yang termasuk ke dalam 9 famili, 9 ordo dan 3 kelas. 2) Indeks Nilai Penting tertinggi pada tingkat pohon Artocarpus elasticus adalah 83,62% dan yang terendah Tectona grandis adalah 8,33%. INP pada tingkat perdu yang tertinggi Stachytarpheta jamaicensis adalah 37,30% dan yang terendah Terminalia catappa adalah 4,96 %. INP tertinggi pada tingkat herba Cyrtococcum patens adalah 39,78% dan yang terendah Dioscorea hispida adalah 4,96% 3) Nilai indeks keanekaragaman untuk pohon, perdu dan herba di area konservasi kura-kura M. emys Universitas Bengkulu tergolong sedang. 4) Penggunaan bahan ajar yang dikembangkan dari hasil riset dapat mengetahui paradigma peserta didik dengan sebagian besar peserta didik memiliki paradigma yang baik terhadap pelestarian lingkungan, pada aspek keterampilan kinerja respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan kriteria baik.