STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Khoerunnisa, Ajeng, Syahril, Yusuf, Lukman, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16491/1/SKRIPSI-%20AJENG%20KHOERUNNISA.pdf http://repository.unib.ac.id/16491/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam penanaman nilai disiplin belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi tekhnik. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) guru sudah melakukan perannya sebagai pengarah dalam penanaman nilai disiplin belajar, tetapi guru kurang terlihat dalam mengarahkan siswa untuk mengikuti pembelajaran di sekolah secara tepat waktu dan tidak terlambat, 2) guru sudah terlihat melakukan perannya sebagai pembimbing dalam penanaman nilai disiplin belajar siswa, 3)guru juga sudah terlihat dalam melakukan perannya sebagai pengawas dalam menanamkan nilai disiplin belajar tetapi ada beberapa indikator yang belumterlihat terlaksana yaitu pada aspek mengawas siswa pada saat pembelajaran, 4)guru sudah terlihat dalam melakukan perannya sebagai pemimpin dalam menanamkan nilai disiplin belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sudah mulai terlihat peran guru dalam penanaman nilai disiplin belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu.Kata Kunci: Penanaman Nilai Disiplin Belajar