PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGANPEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Utama, Permana Pria, M.Fachruddin, M.Fachruddin, Nurul, Astuty Yensy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16480/1/PERMANA%20%28A1C009036%29.pdf http://repository.unib.ac.id/16480/ |
Daftar Isi:
- Perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)dengan Pembelajaran Konevensional di kelas VIII SMP Negeri 11 kota Bengkulu.Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs. M. Fachruddin S.,M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Nurul Astuty Yensy B., S.Si, M.Pd.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams achievement Division) dengan Pembelajaran Konvensional di kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas VIII D dipilih sebagai kelas uji coba soal. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dan konvensional. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Data hasil penelitian tidak memenuhi asumsi kenormalan (data hasil belajar kelas yang menggunakan metode STAD), sehingga analisis yang digunakan adalah uji tes median. Hasilnya menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa secara signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Pembelajaran Konvensional di kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, dengan