ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PECAHAN BENTUK ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP N 13 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Alex C. Gultom, Jhunri, M.Fachruddin, M.Fachruddin, Della, Maulidiya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16478/1/SKRIPSI%20JHUNDRI%20ALEX%20C%20GULTOM%20%28A1C011075%29.pdf http://repository.unib.ac.id/16478/ |
Daftar Isi:
- Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soalsoal Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika di SMP N 13 Kota Bengkulu.Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs.M. Fachruddin S., M.Pd dan Pembimbing Pendamping Della Maulidiya, S.Si, M.Kom Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan operasi pecahan bentuk aljabar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIIC SMP Negeri 13Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa soal uraian terbatas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan operasi pecahan bentuk aljabar, yaitu sebagai berikut ; 1). Sebanyak 100% atau 32 orang siswa salah dalam penjumlahan pecahan aljabar dengan penyebut sama meliputi kesalahan konsep ada 32 orang siswa dan kesalahan Operasi 5 orang siswa. 2). Sebanyak 75% atau 24 orang siswa salah dalam pengurangan pecahan aljabar dengan penyebut sama meliputi kesalahan Konsep ada 20 orang siswa dan kesalahan operasi 11 orang siswa. 3). Sebanyak 90,6% atau 29 orang siswa salah dalam penjumlahan pecahan aljabar dengan penyebut berbeda yang terdiri dari Kesalahan fakta 9 orang siswa,kesalahan konsep 8 orang siswa, kesalahan operasi 24 orang siswa. 4). Sebanyak 84,37% atau 27 orang siswa salah dalam pengurangan pecahan aljabar dengan penyebut berbeda meliputi kesalahan fakta ada 10 orang siswa, kesalahan konsep ada 11 orang siswa, c). Kesalahan operasi ada 21 orang siswa. 5). Sebanyak 62,5% atau 20 orang siswa salah dalam operasi perkalian pecahan aljabar meliputi kesalahan fakta ada 1 orang, kesalahan konsep ada 16 orang siswa, c). Kesalahan operasi ada 10 orang siswa, d). Kesalahan prinsip ada 1 orang siswa. 6). Sebanyak 34,37% atau 11 orang siswa salah dalam operasi pembagian pecahan aljabar meliputi kesalahan fakta ada 2 orang siswa, b). Kesalahan konsep ada 10 orang siswa,c). Kesalahan operasi ada 3 orang siswa, d). Kesalahan prinsip ada 1 orang siswa. 7).Sebanyak 3,12% atau 1 orang siswa salah dalam penyederhanaan pecahan aljabar karena tidak paham dengan konsep penyederhanaan pecahan. Faktor penyebab siswa melakukan jenis-jenis kesalahan tersebut adalah sebagai berikut : a) Terburu-buru dalam menyelesaikan soal sehingga kurang teliti dalam menyelesaikan soal, b) lupa dengan konsep yang terkait penyelesaian soal, c) tidak paham penyelesaian soal, d) kurang teliti sehingga salah dalam hasil perhitungan. Mengatasi kesalahan yaitu dengan memberi motivasi, lebih sering memberi latihan, dan tugas, memperjelas konsep, mengingatkan agar lebih teliti dalam membaca soal, menghitung, menjelaskan materi dengan teknik yang bervariasi. Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Operasi Pecahan Bentuk Aljabar