PENERAPAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Esen Siboro, Esen Siboro, Syafdi, Maizora, M.Fachruddin, M.Fachruddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16477/1/Skripsi%20Esen%20Siboro%20%28A1C011016%29.pdf http://repository.unib.ac.id/16477/ |
Daftar Isi:
- Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Team Assisted Individualization (TAI) di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Syafdi Maizora, S.Si, M.Pd dan Pembimbing Pendamping : Drs M. Fachruddin S, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaran Team Assisted Individualization sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 2 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajran menggunakan Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII F SMPN 2 Kota Bengkulu. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa yang dilakukan secara berkelompok, individual dan interaksi antar siswa. Penggunaan kombinasi antara pembelajaran individual dan pembelajaran dalam team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa meningkat pada setiap siklusnya, Siklus I sampai dengan siklus III angka observasi aktivitas siswa masing masing meningkat yaitu 14, 20 dan 31,5 . Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklusnya untuk Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 54,76 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 13,88%, Siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 69,89 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 52,77% dan pada Siklus III nilai rata-rata yang diperoleh adalah 76,51 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 86,11%. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Team Assisted Individualization