PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (Discovery Learning Model) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FLUIDA STATIS DI KELAS X MIA1 SMAN 2 ARGAMAKMUR
Main Authors: | Sari, Yanty Purnama, Indra, Sakti, Desy, Hanisa Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16441/1/SKRIPSI%20YANTY%20PURNAMA%20SARI.pdf http://repository.unib.ac.id/16441/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA1 SMAN 2 Argamakmur yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan, dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 20,50 (kategori cukup), meningkat untuk siklus II menjadi 26,50 (kategori baik),dan meningkat untuk siklus III 28,00 (kategori baik). Hasil belajar pada aspek pengetahuan untuk siklus I diperoleh ketuntasan belajar pengetahuan 75,00%, meningkat untuk siklus II menjadi 82,14% dan meningkat untuk siklus III menjadi 89,29. Hasil belajar pada aspek sikap sosial dan spiritual untuk siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,95 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata menjadi 3,30 dengan kategori baik, dan untuk siklus III meningkat lagi menjadi 3,51 dengan kategori baik. Hasil belajar pada aspek keterampilan untuk siklus I diperoleh ratarata sebesar 3,04 dengan predikat B, meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata menjadi 3,18 dengan predikat B+, dan untuk siklus III meningkat lagi menjadi 3,31 dengan predikat B+. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran discovery (discovery learning model) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fluida statis di kelas X MIA1 SMAN 2 Argamakmur. Kata Kunci: Pendekatan saintifik, Model pembelajaran discovery, Aktivitas belajar, Hasil belajar siswa