PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Main Authors: Susilawati, Wulan, Eko, Swistoro, Dedy, Hamdani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16440/1/SKRIPSI%20WULAN%20SUSILAWATI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16440/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh penerapan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar fisika, dan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan populasi siswa kelas X di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu.Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purpossive Sampling sehingga diperoleh kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian menggunakan angket tanggapan siswa dan tes hasil belajar pengetahuan. Berdasarkan hasil analisis data angket tanggapan siswa diperoleh hasil tanggapan yang baik terhadap penerapan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran problem solving dengan persentase rata-rata sebesar 80,58 %. Analisis data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen tidak berbeda dengan nilai rata-rata N-gain kelas kontrol dengan thitung 0,66<t2,00 pada taraf signifikan 5% dan diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen tidak berbeda dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol dengan thitung 0,46<ttabel tabel 2,00 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan metode problem solving pada konsep suhu dan kalor di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu.Kata kunci : metode Problem Solving, pendekatan saintifik, tanggapan siswa dan hasil belajar.