PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL INKUIR TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Main Authors: Subekti, Dyah Ajeng, Afrizal, Mayub, Eko, Swistoro
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16433/1/DYAH%20AJENG%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16433/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik dengan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan penguasaan konsep fluida statis di SMAN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan populasi siswa kelas X Mipa di SMA N 4 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan menggunakan teknikpurposive sampling dengan hasil kelas X Mipa 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X Mipa 3 sebagai kelaseksperimen. Data penelitian diperoleh dari hasil posttest dandiperoleh skor rata-rata untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-T dua sampel independen diperoleh nilai akhir dengan nilai t tabel t = 2,19 > 2,004 dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajardenganmenggunakan model inkuiri terbimbing dengan model konvensional.Dapat disimpulkan, jika terdapat perbedaan hasil belajar siswa berarti terdapat pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan penguasaan konsep fluida statis. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Penguasaan Konsep Fisika, Pendekatan Saintifik