PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN DENGAN BERBASIS DEMONSTRASI DI SMA N 3 BENGKULU TENGAH
Main Authors: | Anjayani, Dwi, Afrizal, Mayub, Eko, Swistoro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16432/1/DWI%20ANJAYANI%20A1E012003%20%28PDF%20SKRIPSI%29.pdf http://repository.unib.ac.id/16432/ |
Daftar Isi:
- “Perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning berbasis eksperimen dengan berbasis demonstrasi di SMAN 3 Bengkulu Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning berbasis eksperimen dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experiment Research dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan populasi siswa kelas X di SMAN 3 Bengkulu Tengah. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling purposive sehingga diperoleh kelas X.2 sebagai kelas eksperimen x dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen x 2. Pengambilan data penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian sebanyak 5 soal setiap pertemuannya pada konsep suhu dan kalor. Analisis data peningkatan hasil belajar menggunakan N-gain, diperoleh peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen x sebesar 0.65 berada pada kategori sedang dan peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen x 1 sebesar 0.68 berada pada kategori sedang. Analisis perbedaan hasil belajar menggunaka uji t dua sampel independent, diperoleh hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen x 1 tidak berbeda signifikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen x dengan t hitung -1,27 < t 1,67 pada taraf signifikan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen x tabel yang diajar menggunakan model Problem Based Learning berbasis eksperimen dengan siswa yang diajar menggunakan Problem Based Learning berbasis demonstrasi. Kata kunci : model Problem Based Learning, metode eksperimen, metode demonstrasi dan hasil belajar.