MENINGKATKAN BELAJAR BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA KELOMPOK B PAUD BINA IMAN ANANDA KOTA BENGKULU
Main Authors: | Lestari, Windi, Nasirun, Nasirun, Wembrayarli, Wembrayarli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16409/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/16409/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah apakah belajar berbicara dapat ditingkatkan melalui metode bercerita berbantuan media visual pada anak kelompok B PAUD Bina Iman Ananda Kota Bengkulu. Tujuan penelitian untuk meningkatkan belajar berbicara anak melalui metode bercerita berbantuan media visual. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan, dengan tahapan sebagai berikut: (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi (d) refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan rumus rata-rata dan rumus persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menyatakan belajar berbicara anak melalui metode bercerita berbantuan media visual. Pada siklus I rata-rata 3,3 meningkat pada siklus II rata-rata 4,1, sedangkan nilai persentase ketuntasan belajar pada siklus I 66% meningkat siklus II 82%.Direkomendasikan pada guru untuk dapat meningkatkan belajara berbicara anak melalui metode bercerita berbantuan media yang berbeda misalnya media video,boneka jari dan wayang gambar. Kata kunci: Proses Belajar berbicara, Metode bercerita, Media visual