MENINGKATKAN KOSA-KATA BAHASA INGGRIS MELALUI MUSIK DAN LAGU DI KELOMPOK B PAUD KIDDIE LAND KOTA BENGKULU

Main Authors: Jehandara, Poppy Rezky, Nasirun, Nasirun, Wembrayarli, Wembrayarli
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16398/1/skripsi%20jdi.pdf
http://repository.unib.ac.id/16398/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan musik dan lagu dapat meningkatkan kosa-kata Bahasa di Kelompok B PAUD Kiddie Land Kota Bengkulu. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningatkan kosa-kata Bahasa Inggris melalui musik dan lagu tali.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di PAUD Kiddie Land Kota Bengkulu dengan subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 7 orang anak terdiri dari 2 orang anak lakilaki dan 5 orang anak perempuan.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus dilakkukan dengan tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dengan teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Nilai ketuntasan kosa-Kata Bahasa Inggris anak secara klaasikal siklus I adalah 62% dan siklus II 80,1%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kosa-kata Bahasa Inggris anak dapat ditingkatkan melalui musik dan lagu. Dari hasil yang diperoleh, maka disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan musik dan lagu dalam meningkatkan kosa-kata Bahasa Inggris anak pada aspek kemampuan menyebutkan kosa-kata Bahasa Inggris. Kata kunci: Kosakata, Bahasa Inggris, Musik, Lagu