PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI METODE LATIHAN BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF

Main Authors: Nuryuliana, Nuryuliana, Nina, Kurniah, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16397/1/Skripsi%20Nuryuliana.pdf
http://repository.unib.ac.id/16397/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penilitian ini adalah bagaimana penggunaan metode latihan dengan berbantuan media CD Interaktif dalam peningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris dan apakah dengan penggunan metode latihan berbantuan media CD Interaktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris pada anak kelas B TK Sandhy Putra Telkom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan metode latihan berbantuan media CD interaktif dalam meningkatkan kemampuan mengenal kosakata bahasa Inggris.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu yang berjumlah 15 orang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Analisis data menggunakan uji rata-rata dan uji t_test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui metode latihan berbantuan CD interaktif dapat meningkatkan pengenalan kosakata bahasa Inggris anak secara signifikan yakni t hitung 7,36≥t (1%=3,11 dan 5%=2,20). Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan mengenalan kosakata bahasa Inggris anak dapat dilakukan dengan menerapkan metode latihan berbantuan CD interaktif. Kata Kunci : Metode Latihan, CD Interaktif, Kosakata Bahasa Inggris.