PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELOMPOK B PAUD NEGERI PEMBINA 1 PROVINSI BENGKULU

Main Authors: Angriani, Dwi Elina, Nasirun, Nasirun, Delrefi, Delrefi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16381/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
http://repository.unib.ac.id/16381/
Daftar Isi:
  • Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Kelompok B PAUD Negeri Pembina 1 Provinsi Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Kelompok B PAUD Negeri Pembina 1 Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman, meliputi: pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Kelompok B PAUD Negeri Pembina 1 Provinsi Bengkulu telah dilaksanakan oleh guru melalui kegiatan greeting pada pembukaan, listening, speaking,reading, writing pada kegiatan inti, dan review pada kegiatan penutup. Kepala sekolah mengatakan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Kelompok B PAUD Negeri Pembina 1 Provinsi Bengkulu telah dilaksanakan oleh guru sesuai dengan perencanaan dan tahapan pembelajaran bahasa Inggris. Orang tua murid dan masyarakat mengetahui adanya pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Kelompok B PAUD Negeri Pembina 1 Provinsi Bengkulu, tetapi kurang mengetahui secara utuh bagaimana pelaksanaanya. Hasil penelitian ini dapat menjadi contoh bagi sekolah lain yang melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris.Kata kunci: Pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini.