DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA
Main Authors: | Mirtasari, Yuni, Rusdi, Rusdi, Nurul, Astuty Yensy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16376/1/SKRIPSI_YUNI%20MIRTASARI_A1C012010.pdf http://repository.unib.ac.id/16376/ |
Daftar Isi:
- Diagnosis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama, Drs. Rusdi, M.Pd, dan Pembimbing Pendamping, Nurul Astuty Yensy B., S.Si, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Kuadrat.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research) dengan metode penelitian kombinasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.F SMP Negeri 1 Pondok Kelapa semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan faktorisasi selisih dua kuadrat sebesar 50%, kesalahan dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat yang berbentuk