MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUALTEACHING LEARNING (CTL)

Main Authors: Fitriana, Alen Neca, Nasirun, Nasirun, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16375/1/SKRIPSI%20ALEN%20NECA%20FITRIANA.pdf
http://repository.unib.ac.id/16375/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan kecerdasan naturalis dan apakah dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan naturalis dengan menggunakan pendekatan CTL dan untuk mendeskripsikan apakah dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak B8 Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Kota Bengkulu yang berjumlah 15 orang terdiri dari anak laki-laki 11 orang dan anak perempuan 4 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dengan teknik anlisis data menggunakan rata-rata dan persentase untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Nilai ketuntasan kecerdasan naturalis dengan penggunaan pendekatan CTL pada siklus I adalah 69,6% dan siklus II 85,4%.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru PAUD untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL dalam meningkatkan kecerdasan yang lainnya.Kata Kunci : Kecerdasan Naturalis, Pendekatan CTL