PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.7 SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Puteri, Yolanda Dita, Rusdi, Rusdi, Dewi, Herawaty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16374/1/A1C012026_YOLANDA%20DITA%20PUTERI_SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/16374/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Quntum Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu,Pembimbing I: Drs. Rusdi, M.Pd, Pembimbing 2: Dr. Hj.Dewi Herawaty, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengelola model Quantum Learning sehingga ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 siswa. Jenis Penelitian ini adalah PTK dengan tiga siklus yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi atau pengamatan dan Evaluas dan Refleksi. Siklus dihentikan apabila nilai rata-rata siswa ≥ 75 yang merupakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMP negeri 1 dan ketuntasan belajar klasikal ≥ 80%. Pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model Quantum Learning meningkatkan aktivitas belajar siswa tiap siklusnya. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa berada pada kriteria cukup dengan skor 20. Pada Siklus II aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik dengan skor rata-rata 24 dan pada siklus III aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 27 dengan kriteria baik. Pengelolaan model Quantum Learning juga meningkatkan hasil belajar siswa tiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 73,19 dengan ketuntasan belajar klasikal 62,50%. Pada siklus II nilai ratarata siswa adalah 77,67 dengan ketuntasan belajar klasikal 76,67% dan pada siklus III nilai rata-rata siswa 80,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 89,66%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Quantum Learning