PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Wisniarti, Wisniarti, Rusdi, Rusdi, Della, Maulidiya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16372/1/Skripsi_Wisniarti_A1C012005.pdf http://repository.unib.ac.id/16372/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Drs. Rusdi, M.Pd dan Pembimbing Pendamping Della Maulidiya, S.Si, M.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran examples non examples sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 19 April 2016 sampai dengan 24 Mei 2016.Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembeljaran examples non examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari skor ratarata observasi siswa siklus I,II,dan III secara berturut-turut yaitu 14,18,20 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I,II dan III secara berturut-turut 52,60,77 dengan ketuntasan klasikal pada siklus 1,II,dan III secara berturut-turut yaitu 25,93%;51,82%; 81,48%. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran examples non examples.