PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Zuhandra, Veri Oktavius, Dewi, Rahimah, Syafdi, Maizora
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16370/1/SKRIPSI-%20A1C012051-%20Veri%20Oktavius%20Zuhandra.pdf
http://repository.unib.ac.id/16370/
Daftar Isi:
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika,Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Dewi Rahimah, S.Pd, M.Ed. dan Pembimbing Pendamping Syafdi Maizora, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam pembelajaran matematika agar dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus meliputi 4 langkah yaitu Perencanaan Tindakan,Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dilakukan dengan beberapa cara yaitu : a) Berdiskusi dalam pembagian tugas investigasi dan merancang investigasi, b) Mengumpulkan materi mengenai tugas yang diberikan,c) Meningkatkan aktivitas investigasi, d) Mendiskusikan hasil investigasi di dalam kelompok, dan e) Mengklarifikasi hasil kerja kelompok yang persentasi. Peningkatan aktivitas siswa siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut-turut adalah 16,7 (kriteria cukup aktif), 22,2 (kriteria cukup aktif), dan 27 (kriteria aktif).Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dilakukan dengan beberapa cara yaitu : a)mengaktifkan siswa dalam kegiatan diskusi, b) Mengumpulkan materi mengenai tugas yang diberikan, c) mengaktifkan siswa dalam kegiatan investigasi, d)Mengevaluasi kembali hasil investigasi. e) Memotivasi siswa lebih aktif dalam mengklarifikasi hasil kerja kelompok yang persentasi, dan f) pendekatan secara personal kepada siswa yang bermasalah. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata hasil tes belajar siklus I hingga siklus III yaitu: 63,4; 86; 81. Dengan persentase ketuntasan siswa menurut kriteria ketuntasan minimal 75 dari siklus I hingga siklus III, yaitu: 32%; 83,3% dan 92,3%. Kata kunci : Group Investigation, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Pemecahan Masalah,