PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR DI KELAS V B SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Hastuti, Resti Zulwia, Syafdi, Maizora, Rusdi, Rusdi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16359/1/SKRIPSI%20RESTI%20ZULWIA%20HASTUTI%20%28A1C012007%29.pdf http://repository.unib.ac.id/16359/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar di Kelas V B SD Negeri 65 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Bengkulu. pembimbing Utama Syafdi Maizora,S.Si, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Drs. Rusdi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 65 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara memberikan alat peraga, pembagian kelompok belajar yang tepat, memberikan bantuan belajar khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah, melakukan pendekatan serta memberikan teguran kepada siswa yang tidak mengikuti tahapan pembelajaran dengan baik. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 19,25; 23,125; 27,375. Sedangkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberikan LKS dengan langkah yang terstruktur, memberikan penjelasan istilah yang digunakan dalam pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri pengetahuannya, serta memberikan motivasi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 69,9; 76,9; 85,6 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 64%; 76%; 88%.Kata Kunci: Aktivitas siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran penemuan terbimbing