ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII MTs ALQURAN HARSALLAKUM BENGKULU TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Authors: | Nurfadillah, Nurfadillah, M.Fachruddin, M.Fachruddin, Nurul, Astuty Yensy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16355/1/Nurfadillah%20A1C012008.pdf http://repository.unib.ac.id/16355/ |
Daftar Isi:
- Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII MTs Alquran Harsallakum Bengkulu Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Drs. M.Fachruddin S., M.Pd. Dan Pembimbing Pendamping: Nurul Astuty Yensy. B. S.Si., M.Si. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dan mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII MTs Alquran Harsallakum Bengkulu Tahun Ajaran 2015/2016.Sebanyak 19 siswa kelas VIIA dipilih sebagai subjek pada penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: 1) kesalahan mengubah masalah ke dalam model matematika (PLSV: 17,94% dan PtLSV: 16,88%); 2) kesalahan menyelesaikan model matematika (PLSV: 32,6% dan PtLSV: 12,64%); 3) kesalahan tidak menuliskan jawaban (PLSV: 35,8% dan PtLSV: 62,08%); 4) kesalahan di luar indikator/kesalahan langkah pengerjaan soal (PLSV: 8,44% dan PtLSV: 11,62%). Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah lupa dan salah menggunakan rumus, kurang terampil membuat model matematika,kurang memahami konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel,kurang memahami maksud soal, tidak memahami langkah pengerjaan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, kurang terampil operasi aljabar, lupa satuan, kurang memperhatikan permintaan soal, tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dibuat, terlalu lama memahami soal sulit sehingga tidak cukup waktu untuk mengerjakan soal lainnya. Untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel sangat disarankan kepada guru dan siswa agar memperhatikan beberapa faktor penyebab kesalahan selama proses pembelajaran. Kata kunci : Analisis kesalahan, Soal cerita, PLSV, PtLSV