PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII D SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Melydawati, Livia, Dewi, Herawaty, Rusdi, Rusdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16354/1/SKRIPSI_LIVIA%20MELYDAWATI_A1C012076.pdf
http://repository.unib.ac.id/16354/
Daftar Isi:
  • Penerapan Model Quantum Teaching untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII D SMP Negeri 2 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. Hj. Dewi Herawaty, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Drs.Rusdi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model Quantum Teaching agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada saat pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi pengamatan aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan langkah-langkah TANDUR dalam model Quantum Teaching, siswa dibentuk dalam kelompok berdasarkan kemampuan akademis serta keaktifan siswa dan siswa dibiasakan untuk bertanya jika ada kesulitan dalam diskusi ataupun mengerjakan soal yang diberikan oleh guru didalam LKS (Lembar Kerja Siswa). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dilihat dari dari nilai rata-rata siswa pada siklus I hingga siklus III berturutturut yaitu: 72,73;79;83 dan dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus hingga siklus III berturut-turut yaitu : 57%,70,17%, 87,3%. Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika, Model quantum Teaching.