PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Ma’rifah, Nilna, Syafdi, Maizora, Dewi, Rahimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16353/1/NILNA%20MA%27RIFAH_A1C012028_SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/16353/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI) menggunakan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu.Pembimbing utama, Syafdi Maizora, S.Si.,M.Pd. dan embimbing pendamping Dewi Rahimah, S.Pd.,M.Ed Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI) menggunakan Soal Open nded, sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization (TAI) menggunakan Soal Open Ended, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara, membentuk kelompok baru berdasarkan hasil belajar,bertanya kepada salah satu anggota kelompok tentang jawaban soal open ended yang diperoleh pada saat mengerjakan LKS, memberikan pengurangan nilai jika siswa menyalin lembar jawaban dan tidak mengerjakan soal sesuai tipe, menentukan tipe soal yang dikerjakan oleh siswa, hanya memberikan lembar pengecekan untuk kelompok yang telah mengerjakan soal 4 tipe di tahap pengecekan, dan siswa wajib memberikan tanda tangan setelah mengoreksi jawaban siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata lembar observasi dari siklus I hingga siklus III yaitu : 24,33; 30,00;35,17. Hasil belajar siswa ditingkatkan dengan cara, menginformasikan kepada siswa bahwa perwakilan kelompok ditentukan dengan acak pada tahap teaching group, mengambil lembar tes fakta siswa, jika tidak mengerjakan secara individual, menambah waktu pengerjaan tes fakta dan memberikan bimbingan lebih kepada siswa-siswa yang belum tuntas pada setiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 64,12; 75,45; 79,79 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 55,56%; 75,00%; 88,89%. Kata kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Matematika, Team Assisted Individualization (TAI), Soal Open Ended