PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VII H SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Main Authors: Risda, Intan Fadhila, Nurul, Astuty Yensy, Agus, Susanta
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16349/1/INTAN%20SKRIPSI%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/16349/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi transformasi. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi.Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 28 April 2016 sampai dengan 26 Mei 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara: a) Memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir secara individu, (b) Memberi kesempatan siswa untuk mendiskusikan hasil pemikirannya, (c) Meminta siswa untuk menuliskan hasil diskusi kelompok pada LKPD, dan (d) Menyertakan soal-soal sebagai latihan pada LKPD untuk memperbanyak pengalaman siswa dalam mengerjakan soal. Aktivitas belajar meningkat dapat dilihat dari skor ratarata observasi siswa siklus I,II,dan III secara berturut-turut yaitu 19,67 (cukup aktif),27,67(aktif) dan 28,5 (aktif).Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I, II dan III secara berturut-turut 60,13;70,05 dan 77,46 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 38,89%;63,89%;82,86%. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW), Transformasi