PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII MTsN 2 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Oktaviana, Hermanita Ratu Kencana Oktaviana, Effie, Efrida Muchlis, M.Fachruddin, M.Fachruddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16344/1/HERMANITA%20R.K.O_A1C012056.pdf http://repository.unib.ac.id/16344/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII MTsN 2 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama, Effie Efrida Muchlis, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing Pendamping,Drs. M. Fachruddin S., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan Model Quantum Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTsN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model Quantum Learning pada pembelajaran matematika pokok bahasan transformasi dan statistika dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara memberikan motivasi kepada siswa dengan menjelaskan manfaat dan tujuan dari pembelajaran, membuat kelompok belajar yang dapat meningkatkan keterampilan belajar dan keterampilan komunikasi siswa saat berdiskusi, membimbing siswa agar siswa dapat mengalami sendiri langkah-langkah proses pembelajaran, menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas, dan memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang aktif dan telah berani mempresentasikan hasil diskusinya dengan baik. Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I adalah 17,3 poin mencapai kriteria cukup, pada siklus II adalah 23 point mencapai kriteria cukup, pada siklus III adalah 26 poin encapai kriteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan melakukan kegiatan diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman siswa, pada kesimpulan yang merupakan tahap namai Quantum Learning akan meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran, mengulang kembali materi yang telah dipelajari. Hasil belajar yang meningkat dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I adalah 51, pada siklus II menjadi 69, dan pada siklus III meningkat menjadi 81. Ketuntasan klasikal pada siklus I hanya mencapai 18,18%, pada siklus II meningkat menjadi 48,48%, pada siklus III meningkat hingga encapai 81,82%. Kata Kunci: Model Quantum Learning, Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa