PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Ricelina, Fellya, Della, Maulidiya, Effie, Efrida Muchlis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16340/1/SKRIPSI%20FELLYA%20ok.pdf http://repository.unib.ac.id/16340/ |
Daftar Isi:
- Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP N 1 Kota Bengkulu.Skripsi S1 program studi pendidikan Matematika, jurusan matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Della Maulidiya S.Si, M.Kom dan Pembimbing Pendamping Effie Efrida Muchlis S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan guided discovery learning agar terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara membimbing dan mengarahkan siswa pada setiap tahap dalam penerapan guided discovery learning, melakukan perbaikan pada lembar panduan yang berisi langkah-langkah kegiatan, melakukan pembagian kelompok belajar yang tepat, menyajikan aktivitas yang lebih bervariasi pada setiap siklusnya. Sementara peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang diajukan, memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami saat proses belajar berlangsung, pemberian soal latihan, melakukan perbaikan soal tes siklus. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes siswa pada siklus 1 hingga siklus 3 yaitu : 65,75; 80,87; 86,31 dengan ketuntasan belajar klasikal 43,75 %; 78,12%; 84,37 %. Kata kunci : Guided discovery learning, Aktivitas belajar, Hasil belajar