PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMAN 8 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Suci, Dyah Ajeng, Effie, Efrida Muchlis, Nurul, Astuty Yensy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16335/1/A1C012012_DYAH%20AJENG%20SUCI_SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/16335/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Trigonometri Kelas X SMAN 8 Kota Bengkulu.Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama : Effie Efrida Muchlis, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing Pendamping : Nurul Astuty Yensy B. S.Si., M.Si.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing sehingga dapat peningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa pada materi trigonometri kelas X8 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X8 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengamatan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata siklus I adalah 24,25 dan tergolong cukup aktif. Pada siklus II rata-rata adalah 29 dan masih tergolong cukup aktif.Pada siklus III rata-rata adalah 32 dan tergolong aktif. Presentase ketuntasan untuk indikator menyatakan ulang suatu konsep adalah 3,57% pada siklus I, 6,45% pada siklus II, dan 30% pada siklus III; indikator memberikan contoh dan non contoh adalah 42,86% pada siklus I, 45,2% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; indikator menggunakan dan memnfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu adalah 28,57% pada siklus I, 35,48% pada siklus II, dan 50% pada siklus III; dan Dan indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma padapemecahan masalah adalah 17,86%, 51,6%, dan 53,3% Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika pokok bahasan trigonometri dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci : Aktivitas Siswa, Pemahaman Konsep, Penemuan Terbimbing,