PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C MTsN 2 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sari, Dian Mayang, Rusdi, Rusdi, Della, Maulidiya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16334/1/SKRIPSI%20DIAN.pdf http://repository.unib.ac.id/16334/ |
Daftar Isi:
- Penerapan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C MTsN 2 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama,Della Maulidiya, S.Si, M.Kom, dan Pembimbing Pendamping, Drs. Rusdi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Berbantuan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTsN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pembelajaran matematika pokok bahasan statistika dan peluang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok berdasarkan pretest dengan memberi tanda nama kelompok dan siswa, memberi nomor siswa berdasarkan kemampuan,menjelaskan tahap LKS dengan rinci, meminta siswa menyimak dan mencatat informasi saat bertamu, memberikan penghargaan pada kelompok dengan rata-rata tertinggi, memberikan peringatan pada siswa yang menyimpang. peningkatan ktivitas dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I adalah 15,66 poin mencapaikriteria kurang aktif, pada siklus II adalah 21 poin mencapai kriteria cukup aktif,pada siklus III adalah 25,83 poin mencapai kriteria aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kegiatan diskusi, mengarahkan siswa pada materi yang akan dipelajari dan memberikan apresiasi, meminta siswa untuk teliti dalam mengerjakan soal, memberikan penghargaan pada siswa yang mendapat nilai tes tertinggi. Hasil belajar yang meningkat dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I adalah 69,37;pada siklus II menjadi 74,5; dan pada siklus III meningkat menjadi 80,26.Ketuntasan klasikal pada siklus I hanya mencapai 37,5%, pada siklus II meningkat menjadi 71,87%, pada siklus III meningkat hingga mencapai 87,5%. Kata Kunci: Cooperative Learning, Two Stay Two Stray (TS-TS), LKS, Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa