PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Dinata, Bima Marshel, Dewi, Herawaty, M.Fachruddin, M.Fachruddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16333/1/SKRIPSI-A1C012044-BIMA%20MARSHEL%20DINATA.pdf http://repository.unib.ac.id/16333/ |
Daftar Isi:
- Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dan think pair share (TPS) di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Dr. Hj. Dewi Herawaty, M.Pd dan Pembimbing Pendamping Drs. M.Fachruddin S., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas VII SMP N 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 11 kota Bengkulu tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan kooperatif tipe think pair share (TPS) serta kelas VII A sebagai kelas uji coba. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen pre test (tes untuk menentukan kelas sampel dan data uji coba) dan instrumen post test (tes hasil belajar setelah perlakuan). Instrumen penelitian telah di validasi oleh Ahli. Instrumen pre test yang telah diberikan pada kelas uji coba dilakukan uji validitas, uji reabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal post test. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji t. Hasil pos test menunjukkan kelas eksperimen dengan 31 siswa memperoleh rata-rata 75,35 dan varians 154,90.Sedangkan kelas kontrol dengan 32 siswa memperoleh rata-rata 72,59 dan varians 189,34. Karena memenuhi normalitas dan homogenitas, dan diperoleh t = 0,8343 dan t tabel = 1,9996 dengan kata lain −