PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Aini, Asro, Nurul, Astuty Yensy, Rusdi, Rusdi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16331/1/Skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/16331/ |
Daftar Isi:
- Aini,Asro 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama Nurul Astuty Yensy B, S.Si,M. Si dan Pembimbing Pendamping Drs. Rusdi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik sehingga dapat peningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 34 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara siswa berfikir sendiri pada tahap think (mengamati, menanya), siswa saling bekerja sama pada tahap pair (mengumpulkan informasi,mengasosiasi), dan siswa aktif dalam diskusi kelas pada tahap share (mengomunikasikan). Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas siswa, pada siklus I aktivitas siswa berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor pengamatan 17,67. Pada siklus II dan siklus III aktivitas siswa meningkat menjadi kategori baik dengan rata-rata skor masing-masing 24,17 dan 25.(2)Pembelajaran metematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata hasil tes belajar siklus I hingga siklus III yaitu: 67,36; 74,08; 80,12.Dengan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, yaitu: 42,42 %; 61,76 % dan 84,37 %. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Pendekatan Saintifik, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.