PENGARUH VARIASI PANJANG INTAKE MANIFOLD TERHADAP KINERJA MESIN GENERATOR SET 4 LANGKAH
Main Authors: | MUSTOFA, WAHYU, Yovan, Witanto, Nurul, Iman Supardi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16302/1/SRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/16302/ |
Daftar Isi:
- Manifold adalah sistem yang menghubungkan campuran bahan bakar dan udara dari karburator, masuk kedalam ruang bakar di dalam mesin. Perancangan manifold yang baik sangat diperlukan agar campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih sempurna. Penelitian ini menganalisa tentang pengaruh variasi panjang intake manifold terhadap kinerja generator set 4 langkah. Pada penelitian ini menggunakan variasi panjang intake manifold d, 1d, 1 d, 2d dan intake manifold standar. Bahan bakar yang di gunakan jenis premium, pertalite, dan pertamax. Mesin generator set di operasikan pada putaran 2000 rpm, 3000 rpm dan 4000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan bakar premium dan pertalite, terlihat bahwa variasi panjang intake manifold yang relatif lebih panjang yakni variasi 1 d menunjukkan daya rata-rata tertinggi. Untuk bahan bakar pertamax bahwa variasi panjang intake manifold yang pendek yakni variasi 1d menunjukkan daya yang rata-rata tertinggi. Konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) premium pada variasi standar lebih hemat. Konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) pertalite dan pertamax variasi intake 1d lebih lemat.