PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 74 KOTA BENGKULU

Main Authors: YULIAN, YULIAN, Wurjinem, Wurjinem, Agusdianita, Neza
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16299/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/16299/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Menggunakan metode eksperimen dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian seluruh siswa kelas V di SDN 74 Kota Bengkulu. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VA berjumlah 34 siswa dan kelas VB berjumlah 35 orang siswa di SDN 74 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Berdasarkan hasil diketahui nilai t hitung # &'$%! > t 1,99601. . Dengan demikian untuk t hitung hipotesis H a tabel terbukti dan diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 74 kota Bengkulu.