HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Main Authors: OKSANA, VONNY, Dadi, Sri, DELIFA, DELIFA
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/16293/1/SKRIPSI%20VONNY%20OKSANA%20A1G013115.pdf
http://repository.unib.ac.id/16293/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus XIV Kota Bengkulu. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus XIV Kota Bengkulu yang berjumlah 250 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini 64 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus XIV Kota Bengkulu. Hal ini dibuktikan dengan nilai r = 0,759, dengan r = 0,244 (0,759 > 0,244), dengan besar sumbangan variabel X terhadap variabel Y yaitu 57,6%, dan t = 9,184, dengan t hitung tabel = hitung tabel 1,669 (9,184 > 1,669) pada taraf signifika n α = 0,05 atau 5%.