EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR MUATAN LOKAL CERITA RAKYAT DAERAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 41 KOTA BENGKULU
Main Authors: | SAPUTRA, RIO, Muktadir, Abdul, Noperman, Feri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16290/1/SKRIPSI%20pdf.pdf http://repository.unib.ac.id/16290/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam memahami bahan ajar muatan lokal cerita rakyat Bengkulu pada aspek kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa soal (multiple choice) Teknik analisis data dengan penskoran pada tes pilihan ganda (multiple choice). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Cerita Rakyat Bengkulu yang digunakan pada saat proses pembelajaran di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Bengkulu efektif karena sebanyak 22 dari 30 siswa atau 73,3% (lebih dari 50%) siswa dapat menguasai bahan ajar muatan lokal Cerita Rakyat Bengkulu pada aspek kognitif, karena menurut indikator efektifitasan, bahan ajar dikatakan efektif apabila lebih dari 50% siswa mendapatkan nilai di atas KKM dalam tes hasil belajar selepas menerima materi bahan ajar Cerita Rakyat yang digunakan peneliti dalam proses pembelajaran, rata-rata siswa aktif dalam pengerjaan tugas, dibuktikan dengan pengisian LDS setiap akhir pembelajaran, namun pada indikator siswa aktif dalam pembelajaran, belum teurukur karena keterbatasan masalah peneliti.