PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 59 KOTA BENGKULU
Main Authors: | AYUNI, PROSA, Lusa, Herman, Dalifa, Dalifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16289/1/SKRIPSI%20PROSA%20AYUNI%20A1G013125.pdf http://repository.unib.ac.id/16289/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 59 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimental dengan desain The Matching Only PretestPosttest Control Group Design yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 59 Bengkulu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 59 Bengkulu berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas VB yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas VA SDN 51 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t sebesar t hitung (2,67) < t tabel (2,00) . Nilai t hitung y ang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel m aka dapat disimpulkan erdapat pengaruh hasil belajar kognjitif, antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD).