PENGARUH PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 73 KOTA BENGKULU
Main Authors: | FEBRIANTI, ITE, Wurjinem, Wurjinem, Hambali, Daimun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16281/1/skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/16281/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 73 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain menggunakan The Matching Only Pretest-Postes eksperimen Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 73 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling sebanyak 42 orang terdiri dari dua kelas, yaitu VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t dua sampel independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas VA sebesar 75,10 dan kelas VB sebesar 67,1 dan t = 2,65, dengan = 2,021 (2,65 > 2,021) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 73 Kota Bengkulu. hitung !