PEMAKNAAN KOMUNIKASI PESAN PADA VISUALISASI IKLAN ( Reseption Analysis Terhadap Iklan AQUA Versi Bahasa Daerah “Sumber Air Su Dekat”)

Main Authors: Utami , Septri, Lely , Arrianie, Dwi , Aji Budiman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1623/1/Skripsi%20Septri%20Utami%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1623/
Daftar Isi:
  • Iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat merupakan bentuk komunikasi dalam memasarkan sebuah produk dan jasa, tetapi juga digunakan sebagai media dalam penyampaian pesan sosial kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pesan iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat pada visualisasi iklan oleh khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Reseption Analysis dan teori kotler sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan pemaknaan oleh informan dari iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat. Pada setiap scene iklan memiliki fungsi iklan menurut Kotler yang bersifat informatif, persuasif, reminder, dan reinforcement. Selain itu pesan iklan yang ingin disampaikan oleh pengiklan ternyata tidak sepenuhnya bisa dimaknai informan sesuai dengan tujuan awal dari pesan tersebut.