KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA (Studi Pada Sekolah Dasar IT Al-Hasanah Kota Bengkulu)

Main Authors: Susanto , Nurman, Rasianna , BR Saragih, Yuliati, Yuliati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1618/1/Skripsi%20Nurman%20Susanto%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1618/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menjalin hubungan baik secara psikologis dengan siswa, teknik komunikasi persuasif dalam pembentukan perilaku siswa dan mengetahui bagaimana penggunaan bahasa verbal maupun nonverbal dalam membentuk perilaku yang positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian adalah purposive sampling. Pada penelitian ini guru menggunakan teknik komunikasi persuasif dalam pembentukan perilaku siswa diantaranya teknik putting it up to you, transfer dan say it with flowers. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa selama ini guru di SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu telah menerapkan komunikasi persuasif pada siswa dengan menumbuhkan motivasi serta pencontohan langsung sikap dan perilaku guru yang sesuai dengan tuntunan dalam Islam yang dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri dan kegiatan pembiasaan diri. Selain menggunakan ketiga teknik komunikasi persuasif terdapat pula teknik lain yang diterapkan oleh pihak sekolah dalam pengawasan terhadap pembentukan perikaku siswa ketika dirumah sekaligus sebagai silatuhrahmi dengan orang tua/wali siswa yaitu dengan program home visit dan adanya buku penghubung. Guru dapat berkunjung langsung ke rumah siswa yang seyogianya dilakukan tiga kali setiap bulannya.