STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO RUMAH TANGGA DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA
Main Authors: | HASTUTI, SRI, Retno, Agustina Ekaputri, Purmini, Purmini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed audio |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/16161/1/Tesis%20Sri%20Hastuti.pdf http://repository.unib.ac.id/16161/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan ekonomi adalah hal yang sangat penting dalam suatu negara, terutama dalam meningkatkan pendapatan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Indonesia telah menikmati masa pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang, hingga datangnya krisis nilai tukar tereskalasi menjadi krisis multi dimensi yang dimulai akhir tahun 1997 (Tejasari, 2008). Ketika terjadi krisis ekonomi 1998, hanya sektor Usaha Mikro (UM) yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis. Menurut undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM, yang dimaksud dengan usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian langsung atau tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil sebagaimana yang dimaksud dalam undang-undang UMKM. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk strategi pengembangan usaha mikro rumah tangga di Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bersifat deskriptif dengan model analisis interaktif deskriptif.Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data yang bersifat kualitatif maupun yang bersifat kuantitatif. Dalam pengumpulan data, teknik sampling yang digunakan adalah Accidential Sampling dan Purposive Sampling yang tergolong dalam Non Probability. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive sampling), teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Hasil analisis data nilai faktor internal yaitu 0.59 didapat dari total penjumlahan rating faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan. Nilai kekuatan (Strength) paling tinggi terdapat pada poin memiliki produk yang bernilai ekonomis dan berdaya saing tinggi dengan nilai urgensi 2.83 atau bobot item 0.12 ini menunjukkan bahwa memiliki produk yang bernilai ekonomis dan berdaya saing tinggi milik Pengembangan Usaha Mikro Rumah Tangga Di Kecamatan Arga Makmur memiliki pengaruh terhadap kelangsungan usaha. Nilai kelemahan (Weakneses) paling tinggi terdapat pada poin kapasitas produk yang dimiliki oleh Usaha Mikro Rumah Tangga Di Kecamatan Arga Makmur masih rendah dengan nilai urgensi 2.23 atau bobot item 0.09 ini menunjukkan bahwa Usaha Pengembangan Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Arga Makmur belum siap secara maksimal dalam memenuhi keinginan konsumen berupa produk yang berkualitas. Hasil analisis data nilai faktor eksternal yaitu 0.6 didapat dari total penjumlahan rating faktor peluang dan ancaman perusahaan. Nilai peluang (Opportunities) paling tinggi terdapat pada poin meningkatnya income perkapita sehingga Usaha Pengembangan Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Arga Makmur dalam upaya peningkatan penghasilan memiliki nilai urgensi 2.83 atau bobot item 0.1 ini menunjukkan bahwa Usaha Mikro Rumah Tangga mampu secara maksimal menangkap pangsa pasar dan didukung dengan daya beli yang tinggi untuk meningkatkan penghasilan. Nilai ancaman (Threat) paling tinggi terdapat pada dua poin yaitu masih kurangnya ketersedian bahan baku dan masih rendahnya daya beli yang dimiliki oleh masyarakat yang memiliki nilai urgensi 2.43dan bobot item 0.09 ini menunjukkan bahwa perusahaan harus siap dengan ancaman eksternal. Hasil analisis data mengenai posisi perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan bahwa Usaha Mikro Rumah Tangga Di Kecamatan Arga Makmur berada dalam fase pertumbuhan usaha. Dengan nilai faktor internal 0.59 dan nilai faktor eksternal 0.6.Strategi pemasaran yang cocok diterapkan pada Usaha Mikro Rumah Di Kecamatan Arga Makmur adalah dengan menggunakan strategi SO (Strength Opportunities). Strategi SO dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan guna menangkap peluang pasar yang tinggi.